Social Icons

Pages

Friday, August 31, 2007

Kelainan Letak Ari-Ari Pada Bayi


Kelainan letak ari-ari atau yang lebih sering disebut plasenta previa ini harus diwaspadai sejak dini dan ditangani sebaik mungkin. Karena akibat dari kelainan ini tidak hanya membuat sang ibu menderita kesakitan, tapi juga bisa menyebabkan kematian termasuk bayi yang dilahirkan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. F.X. Eric Soeroso, Sp.OG mengungkap kelainan letak plasenta (ari-ari) atau sering disebut plasenta previa ini merupakan suatu keadaan dimana plasenta atau ari-ari terletak di jalan lahir. Sehingga bayi tidak bisa lahir lewat jalur bawah atau normal. "Untuk kasus ini bayi harus dikeluarkan melalui operasi sesar," katanya.

Dokter Eric mengatakan, akibat dari kelainan letak ari-ari ini cukup fatal. Tidak hanya menyebabkan kesakitan dan kematian pada sang ibu, tapi juga menyebabkan kematian pada bayi akan dilahirkan. "Plasenta previa ini salah satu penyumbang terbesar terjadinya morbilitas atau kesakitan dan kematian pada ibu dan bayi," jelasnya.

Disebutkannya, penyebab plasenta previa secara pasti sulit ditentukan. Tapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya plasenta previa, misalnya bekas operasi rahim (bekas sesar atau operasi mioma), sering mengalami infeksi rahim (radang panggul), kehamilan ganda atau kembar, dulunya pernah plasenta previa, atau kelainan bawaan rahim. "Biasanya diagnosa plasenta previa ini baru bisa diketahui atau ditentukan setelah usia kehamilan 28 minggu," ulasnya.

Mengenai gejala klinis dari plasenta previa ini, Dokter Eric mengatakan agak sulit untuk diketahui sedini mungkin. Tapi biasanya ditandai dengan terjadinya pendarahan di rahim. Bisa juga dilihat dari bagian bawah janin yang tidak masuk pintu atas pinggul. "Selain itu mungkin juga karena kelainan letak bayi, misalnya bayinya sungsang," tambahnya.

Untuk pencegahan kelainan ari-ari atau plasenta previa ini, tergantung pada jenis kelainan yang dialamin. Kalau masih tergolong plasenta marginalis atau letak rendah, bayi masih mungkin dilahirkan secara normal atau jalur bawah. "Tapi kalau sudah plasenta previa, bayi harus dilahir lewat operasi sesar," tukasnya.

3 comments:

Anonymous said...

This is my first time i visit here. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! keep up the good work.

Anonymous said...

This is a fantastic view of the situation, I don’t think I’ve quite seen it from that perspective before.

Anonymous said...

Wonderful post however I was wanting to know if you could
write a litte more on this topic? I'd be very thankful if you could elaborate a little bit more. Bless you!

Also visit my blog post - true protein
Here is my website :: true nutrition discount code

 

Follow mE


Citra Banner

Sample Text

twit

Sample Text

Terimakasih tetap setia membaca blog Hal-Wanita.. Meskipun saat ini blog satu ini jarang di update, namun setiap minggu pengunjungnya masih terus bertambah.

Sampai saat ini, isi blog Hal-Wanita, tidak mengupas tentang kecantikan, fashion maupun kesehatan. Tetapi, diusahakan tiap minggu membahas mengenai problem wanita.

Hal ini dikarenakan, posisi tugas diganti menjadi kuli tinta dibidang pemerintahan, politik, kriminal di Tanjungpinang.... Diharapkan, maklum ya....

Jika membutuhkan informasi lainnya bisa tetap mengirimkan email ke sana ataupun ke facebook. Saya akan mencoba membalas pesan-pesan yang masuk.

Citra Pandiangan
Author

 
Blogger Templates