Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah


Sering mengalami kulit kaki kering dan pecah-pecah? Tentunya hal ini tidak membuat Anda merasa percaya diri menggunakan sepatu terbuka. Padahal, trend sepatu saat ini model terbuka. Namun, mau bagaimana lagi kalau kulit kaki kering dan pecah-pecah. Karena persoalan ini kerap sekali terjadi, tidak hanya pada kaum wanita tetapi juga kaum pria.

Sebenarnya, perawatan kaki tidaklah sulit, hanya saja mesti dilakukan secara rutin. Untuk perawatan kaki kering, Meike, Beauty Consultan menuturkan, gunakan foot lotion yang mengandung emollient atau aloe vera setiap malam.

''Selain menggunakan lotion, coba untuk memijat kaki setelah mengoleskannya, agar peredaran darah bisa lancar,'' tuturnya. Ia melanjutkan, untuk menghaluskan tumit pecah-pecah, gosoklah pada bagian yang pecah dengan alat penghalus telapak kaki.

Biasanya alat penghalus telapak kaki ini berbentuk batu apung atau penghalus kaki khusus yang dijual di toko kecantikan, ketika Anda mandi. Alat ini akan mengelupaskan kulit-kulit kering pada tumit. Setelah itu lanjutkan dengan mengoleskan foot lotion yang mengandung pelembab atau baby oil. Lalu kenakan kaus kaki lembut ketika Anda berangkat tidur. ''Penyebab kulit kaki maupun tumit kering dan pecah-pecah, bisa dikarenakan kelembaban yang tinggi dan kita jarang menggunakan sandal. Sehingga telapak kaki jadi bersentuhan dengan lantai. Bisa menyebabkan kulit kaki pecah-pecah,'' ungkapnya.

Selain itu, juga ada beberapa orang yang kakinya mudah berkeringat, Ia menjelaskan, bagi yang kakinya mudah berkeringat, dikarenakan memakai flat shoes, sehingga tak jarang membuat kaki menjadi mudah berkeringat dan menimbulkan bau yang tak sedap.

''Sebaiknya gunakan sepatu model terbuka, jangan sering memakai sepatu model tertutup,'' terangnya. Ia melanjutkan, pemakaian sepatu atau alas kaki yang menyempit di bagian depan, atau sepatu berhak tinggi yang membuat tekanan di telapak kaki tidak merata akan menimbulkan penebalan pada kulit yang lazim disebut kapalan.

Penyebab penebalan kulit lainnya dikarenakan gangguan dari tulang metatarsal, ketidaknormalan cara berjalan serta obesitas atau kegemukan. Terkadang, kaki merupakan bagian yang sering diabaikan, karena terletak di bawah dan nyaris dalam kondisi selalu tertutup. Padahal kulit juga perlu dirawat agar senantiasa terlihat indah. Sayangnya kita baru mulai sadar merawat bagian bawah tubuh ini setelah muncul keluhan yang dirasa mengganggu.

"Kaki mempunyai tugas yang berat, dimana sebagian bagian tubuh yang menyangga seluruh badan. Sebaiknya mulailah merawat mata kaki ke bawah. Karena pada bagian ini yang harus diperhatikan. Sebab wilayah itu yang sering bersinggungan dengan alas kaki yang digunakan sehari-hari," ujarnya.

Akibat sering terjadi gesekan antara kulit kaki dengan alas sandal atau sepatu yang digunakan, menyebabkan kapalan (callus). ''Selalu rawat kaki menggunakan krim atau lotion perawatan kaki, terutama sehabis mandi untuk memberikan kelembaban,'' pungkasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Kulit Kaki Kering dan Pecah-pecah Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

siti amalia said...

Salam Kenal
Kaki adalah hal yg paling penting dalalm kehidupan, jika kaki mengalami masalah maka aktivitas akan terganggu.
Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah informasi mengenai kulit kaki kering dan pecah-pecah,, thanks ya ^_^
tetapi akan lebih baiknya dalam menjaga kesehatan kaki, sebaiknya menggunakan kaos kaki muslimah *_*
Salam Sukses :-)

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis