Senam Hamil, Bayi Lahir Besar dan Sehat

Bagi ibu hamil dan menginginkan bayi dalam kandungannya lahir dalam keadaan sehat dan besar. Menurut hasil penelitian selama 2 tahun di New York menunjukkan bahwa wanita hamil yang melakukan senam selama 30 menit, 5 hari dalam sepekan, melahirkan bayi yang lebih besar dan sehat.

Senam hamil telah menjadi kegiatan yang bermanfaat dan banyak dianjurkan oleh tenaga medis. Walaupun kegiatan senam hamil tidak selalu membuat proses persalinan menjadi lebih mudah, tetapi senam akan sangat bermanfaat dalam beberapa hal.

Menurut dr Tjahja Sanggara,SpOG dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Awal Bros Batam, senam hamil sangat disarankan bagi wanita hamil tanpa indikasi. ''Manfaat dari senam hamil sangat banyak. Selain membantu mengurangi rasa sakit dan memperlancar proses persalinan, senam hamil juga dapat melatih persalinan seperti latihan pernapasan dan mengejan,'' urai Thahja.

Manfaat lain dari senam hamil juga dapat mengurangi rasa sakit pada waktu persalinan, melancarkan sirkulasi darah, mengurangi keluhan pada ibu hamil, ibu lebih bugar, memberikan relaksasi, mengurangi kejang kaki, mengurangi kaki bengkak, mengurangi resiko gangguan di saluran cerna termasuk sembelit, menguatkan otot perut dan mempercepat penyembuhan setelah kehamilan.

Selain itu, senam hamil juga dapat mengurangi berbagai gangguan yang umumnya terjadi selama kehamilan seperti pemekaran pembuluh darah (varises), sakit pinggang, serta nyeri otot dan persendian, meningkatkan stamina yang sangat diperlukan selama persalinan, dan menguatkan serta mengencangkan otot-otot yang paling banyak dipengaruhi oleh kehamilan.

''Senam hamil dapat dimulai pada usia kehamilan lima bulan, tetapi tidak semua wanita hamil dapat mengikuti senam hami,'' ujarnya.

Ibu hamil yang berindikasi, lanjutnya, disarankan untuk tidak mengikuti senam hamil.

Yang dimaksud Ibu hamil berindikasi yakni ibu hamil dengan plasenta yang menutupi jalan lahir atau plasenta previa, Ibu dengan panggul sempit. Selain itu Ibu hamil yang menderita sakit jantung dan paru-paru, cervix in competent dan kehamilan kembar.

''Bagi Ibu-ibu hamil yang sering mengalami konstipasi (sembelit), juga akan terbantu dengan mengikuti senam hamil ini.
Karena pada intinya senam hamil dapat meningkatkan atau memperbaiki aliran darah di perut yang akan menyebabkan proses peristaltic bertambah baik,'' imbuh Tjahja.

Rumah Sakit Awal Bros Batam juga menyediakan tempat untu senam hamil. Senam hamil biasanya setiap sabtu pukul 10.00 WIB. ''Selain diajarkan senam, ibu-ibu hamil juga akan mendapat fasilitas pemeriksaan Hb, golongan darah dan rhesus,'' ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, peserta senam hamil juga akan mendapatceramah kesehatan, susu ibu hamil dan pengarahan dari dokter spesialis dan ahli gizi. Selain senam hamil ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan selama kehamilan yaitu memeriksakan kesehatan ibu secara teratur, makan cukup dengan mengikuti pola menu seimbang, minum lebih banyak daripada biasanya.

''Merawat payudara secara teratur sesuai petunjuk dan melakukan senam hamil secara teratur dapat mempelanjar kelahiran anak,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Senam Hamil, Bayi Lahir Besar dan Sehat
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Senam Hamil, Bayi Lahir Besar dan Sehat Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

Info hamil said...

Senam hamil memang banyak manfaatnya untuk ibu hamil, sayangnya banyak yang kurang memahami hal ini. Masih sering dijumpai ibu-ibu hamil yang banyak tidur atau malas bergerak saat kehamilannya. Terima kasih telah berbagi.

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis