Bayi Tanpa Anus


Kasus kelahiran bayi tanpa anus merupakan kasus ketiga yang terjadi di Kota Batam. Baru-baru ini, kembali lagi bayi lahir tanpa anus. Penyebab kelahiran bayi tanpa anus, bisa dikarenakan sel yang tumbuh dalam janin kurang sempurna.
''Bayi lahir tanpa anus, dikarenakan pembentukan sel dari luar dan dalam tubuh bayi kurang sempurna,'' papar Dr Tjahja Sanggara SpOG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Senin (9/7).
Ia menjelaskan, pertumbuhan sel kurang sempurna, bisa dikarenakan jalinan usus dan anus yang seharusnya menyatu tidak terjalin dengan baik.
Yang seharusnya jalinan usus dan anus bayi yang masih dalam kandungan terjalin, namun karena pertumbuhan sel yang tumbuh dalam bayi tidak sempurna. Menyebabkan terjadinya sumbatan pada bagian dalam. Diakui Dr Tjahja, secara teori bayi lahir tanpa anus tidak ada.
Sehingga penyebab pasti bayi lahir tanpa anus tidak bisa dispesifikasikan. Begitu juga dengan pola makan ibu yang sedang mengandung tidak bisa dipastikan mempengaruhi kelahiran bayi tanpa anus.
Namun ibu yang sedang mengandung bayi dalam rahim selalu dianjurkan memakan makanan yang bergizi dan berprotein tinggi. Karena pada saat hamil kebutuhan gizi seorang wanita meningkat guna memenuhi kebutuhan janin yang sedang berkembang.
''Asupan gizi dan protein ibu hamil harus dipenuhi, sebaiknya ibu hamil makan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, ayam, dan ikan,'' terangnya.
Selain asupan gizi dan protein, ibu hamil juga disarankan memakan makan yang mengandung asam florat. Hal ini berguna untuk pertumbuhan sel dalam janin. Penyebab bayi lahir tanpa anus, Tjahja menuturkan, bisa disebabkan karena sel yang tumbuh tidak pada tempat semestinya.
Hal senada juga diungkapkan dr. F.X. Erick Soeroso, Sp.OG, Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Menurut Erick, penyebab bayi lahir tanpa anus, bisa dikarenakan adanya gangguan fungsi pembelahan sel yang tidak sempurna.
''Bayi lahir tanpa anus bisa dikarenakan genetik, manipus-nya tidak sempurna. Sehingga pembentukan selnya tidak bisa tumbuh berkembang,'' tuturnya.
Bayi lahir tanpa anus termasuk dalam kasus kelainan terhadap bayi. Penyebab pasti bayi lahir tanpa anus tidak bisa diketahui penyebabnya pastinya. Hanya saja, kasus kelahiran bayi lahir tanpa anus terjadi terhadap keluarga yang tidak mampu. Hal itu, kemungkinan bisa disebabkan, masukan gizi, protein dan asam florat pada ibu semasa hamil kurang. Apalagi kelainan bayi tanpa anus tidak bisa diperiksa pada saat dalam kandungan. Melainkan, setelah bayi itu lahir baru bisa diketahui.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Bayi Tanpa Anus
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Bayi Tanpa Anus Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis