Susahnya Bilang Maaf..


Meminta maaf memang sangat susah untuk diutarakan dan dikatakan. Apalagi, ketika Anda telah melakukan kesalahan. Dan Anda menyadari kesalahan yang sudah diperbuat. Namun, kata 'maaf' hanya terucap di dalam hati.

Siapa yang bisa mendengar dan mengetahuinya? Kalau bukan diri Anda sendiri tentunya, tetapi bagaimana dengan perasaan kawan atau kekasih yang telah terluka, marah karena perbuatan yang tidak sengaja sudah terjadi.

Padahal dengan satu kata maaf, kemarahan dapat terhapus dengan sendirinya. Dan kesalahan Anda pun bisa dimaafkan. Tetapi, kenapa begitu berat dan susah ya mengutarakan empat huruf yang terangkai menjadi kata maaf.

Roni, karyawan swasta menuturkan, dirinya paling susah bilang maaf, rasanya berat banget mau minta maaf. Lebih susah dibanding memendam marah.

''Padahal bilang maaf itu gampang banget, kalau sedang tidak melakukan kesalahan. Tetapi kalau tidak sengaja membuat kawan atau pacar marah, karena kesalahan. Susah amat bilangnya,'' tuturnya.

Terkadang kita tidak menyadari, ketika sedang berjalan dan tidak menabrak seseorang. Dengan spontannya kita akan berucap "Aduuh..maaf ya, gak sengaja!". Tapi saat dihadapkan pada keadaan yang serius, setelah kita berbuat sesuatu yang fatal, sering kata maaf sulit sekali keluar. Padahal, kata maaf itu tidak mahal, hanya saja ada perasaan gengsi untuk meminta maaf.

''Meskipun berat minta maaf, sebagai pria yang gentleman. Saya harus minta maaf, hanya saja saya melihat kondisi dan waktu yang pas,'' ujarnya.

Katanya, kalau teman sedang tidak marah-marah. Baru saya, minta maaf dan kami berbaikan lagi deh.

Pemilihan waktu yang tepat, memang bisa meredam emosi yang sedang memuncak. Karena, jika minta maafnya, di saat seseorang sedang marah. Bisa-bisa permintaan maaf Anda tidak diterima. Malahan bisa memperburuk masalah.

Bila situasi sudah tenang, Anda dengan mudah bisa menjelaskan duduk perkaranya, Meskipun, telah beberapa hari. Namun, saat itu kemarahan pasti sudah berkurang.

Rela mengakui kesalahan dan mau bertanggung jawab kalo memang bener-bener bersalah. Pasti kawan Anda akan memaafkan Anda. Mulailah dengan ucapan tulus dan langsung pada permasalahan. Ini membuat orang yang terluka mau menerima dan memaafkan. Meminta maaf duluan bukan berarti kalah loh!

Sementara itu, Anna, SPG di Batamcenter meungkapkan, dirinya paling sulit mengucapkan kata maaf. Namun, kalau ketika ia tahu. Bahwa ia telah berbuat salah. Maka ia menyadari dan harus meminta maaf kepada kawan maupun pacar, yang tidak sengaja tersakiti perasaannya.

''Kalau saya bersalah dengan kawan, saya luangkan perasaan saya dalam sebuah kartu yag ada tulisan 'maaf'," ujarnya

Lanjut, wanita berambut sebahu itu, setelah saya membeli kartu, saya langsung kasih ke dia. Begitu dia baca, saya jadi bisa bilang maaf.

Banyak cara untuk mengungkapkan dan meminta maaf. Karena kesalahan yang sudah diperbuat. Dan masing-masing orang berbeda cara untuk mengutarakannya. Namun dengan satu tujuan, untuk mengakui kesalahan dan menjalin hubungan menjadi lebih baik lagi.

Sebab, tidak ada satu orang pun, yang tidak pernah melakukan kesalahan. Dengan belajar meminta maaf dan belajar menghargai perasaan seseorang. Bisa membuat hidup jadi lebih bermakna dan berkesan. Hal itu menandakan bahwa Anda telah belajar menjadi dewasa dan lebih arif lagi. Namun, jangan sering-sering melakukan kesalah dan dengan mudah meminta maaf. Ntar, bukan makin baik hubungan. Malah tambah runyam dan akhirnya, menyesal dikemudian. Karena, sudah tidak ada lagi. Pemberian maaf untuk Anda.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Susahnya Bilang Maaf..
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Susahnya Bilang Maaf.. Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis