Pacaran Jarak Jauh, Komunikasi Kuncinya


Banyak cara untuk tetap mempertahankan hubungan. Meskipun telah terpisah ribuan jarak maupun pulau. Namanya cinta, tetap saja harus dipertahankan. Apalagi memang kekasih sudah pas di hati dengan kata lain sudah saling cocok.

Tentunya pacaran jarak jauh berbeda dengan pacaran jarak dekat. Perbedaan jarak, pasti bisa membuat tali-tali kasih menjadi rengang. Lantaran jarang bertemu. Sehingga, sering membuat rindu yang berkepanjangan. Dan ada perasaan cemburu melihat kawan, selalu jalan dengan kekasih. Ya, namanya pacaran jarak jauh. Mana bisa seperti dulu, bisa berjalan berduaan lagi.

Selain itu, banyak cobaan yang harus dihadapi. Perasaan gelisah, cemburu dengan kawan maupun kekasih. Karena tidak tahu apa yang sedang dikerjakannya saat ini. Bisa-bisa memilih 'putus' saja. Daripada perasaan selalu tidak tenang.

Namun, ada sebagian orang yang terpaksa menjalankan pacaran jarak jauh. Ternyata ada kiat-kiat yang harus dilakukan untuk mempertahankan hubungan jarak jauh. Bila, memang harus terjadi.

"Pacar saya pindah kerja di Karimun. Terpaksa, kami pacaran jarak jauh. Karena, saya masih berkerja di Batam," ujar Mario, karyawan swasta.Diakui pria berperawakan tinggi itu, awalnya memang sulit. Karena, sudah terbiasa melakukan kegiatan bersama-sama. Sehingga, harus mulai lagi dari nol. Karena jarak yang memisahkan.

Namun, karena sudah mengenal sifat masing-masing dan saling memahami kepribadian pasangan. Sehingga, ada perasaan harus saling mempercayai pasangan. Karena, awal hubungan yang baik adalah saling percaya dan setia.

"Sekarangkan zaman sudah cangih, ada telpon, internet. Setiap hari harus saling berkomunikasi. Sekedar SMS menanyakan kabar, mengungkapkan saat ini sedang kangen dan menceritakan kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukan disini," tuturnya sambil tersenyum.

Selain saling percaya, untuk mempertahankan hubungan. Komunikasi harus selalu terjalin. Baik hubungan jarak dekat maupun jauh. Komunikasi memang salah satu kebutuhan yang penting untuk menjaga keharmonisan keluarga. Disamping itu juga, komunikasi merupakan salah satu cara, mengungkapkan perhatian.

Mario mengungkapkan, setiap sebulan sekali ia dan pacarnya saling bergantian mengunjungi. Jika sedang tidak sibuk dengan pekerjaan. Saya selalu mengunjungi pacar saya di Karimun.

Memang pacaran jarak jauh, membutuhkan modal yang lebih. Dibanding pacaran jarak dekat. Pulsa harus selalu terisi. Mengirimkan hadiah, baik di hari istimewa. Maupun, hari-hari biasa. Untuk memberikan kejutan yang menyenangkan. Disamping itu, harus ada cost lebih untuk pergi mengunjungi kekasih.

Namun, semua itu memang harga yang harus dibayar untuk tetap menjalin hubungan ke arah yang lebih serius. Tentunya, ada suka dan duka yang dihadapi. Bagaimana tidak, disaat-saat sedang kangen-kangennya maupun disaat sedang membutuhkan perhatian lebih dari kekasih. Ia tidak ada disamping Anda untuk membantu, maupun sekedar mendengarkan keluh kesah yang sedang melanda.

"Setiap sedang ada masalah yang terjadi pada saya. Saya pasti menelpon dia. Meskipun berbeda, saat berjumpa langsung. Satu-satunya kunci, setiap sedang kangen atau ada masalah, saya menelpon dan memandang fotonya yang ada di dompet saya. Itu, satu-satunya cara mengatasi kerinduan ingin bertemu," ujarnya malu-malu.

Sedangkan, Irma, karyawan swasta mengungkapkan, memang sangat berat menghadapi pacaran jarak jauh. Karena, seperti tidak memiliki pacar.

Apalagi untuk bertemu tidak bisa semudah dan segampang yang ia bayangkan. Bagaimana tidak, pacarnya sedang kerja dan kuliah di Pulau Jawa. Sehingga, tidak mudah untuk saling bertemu. Yang ada hanyalah melalui komunikasi telpon. Selain itu, ada perasaan, kurang diperhatikan. Disaat masalah melanda membutuhkan sandaran dan perhatian kekasih. Tetapi, ia tidak pernah ada untuk membantu dan menemani di saat duka sedang melanda.

"Saya terkadang ingin putus saja dengan dia. Habisnya, sama saja seperti tidak punya pacar. Tetapi untunglah pacar saya orangnya perhatian dan sabar. Sehingga, sampai saat ini hubungan kami baik-baik saja," paparnya.

Masih kata wanita berambut sebahu itu, tiap bulan pacar saya selalu memberikan kejutan-kejutan kecil. Meskipun tidak mahal. Tetapi hadiah-hadiah yang diberikan bisa mengobati rasa kangen.

Apalagi komunikasi selalu jalan dan tidak pernah terputus. Sehingga, pacaran jarak jauh bisa mempertahankan keharmonisan dalam hubungan. Walaupun, cobaan selalu banyak mengoda. Namun, bisa diatasi dengan saling percaya dan menghargai satu sama lain.

"Awalnya memang sulit, lama-lama menyenangkan juga. Walaupun ada perasaan ya, sedikit curiga dan cemburu. Hal itu wajar saja dalam hubungan jarak jauh maupun dekat," pungkasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Pacaran Jarak Jauh, Komunikasi Kuncinya
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Pacaran Jarak Jauh, Komunikasi Kuncinya Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

Damar Tri Prakoso said...

setuju euy..
thank you atas informasinya

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis