Hidup Sehat dengan Yoga


Olahraga memang sangat diperlukan bagi tubuh. Banyak olahraga yang ditawarkan mulai fitnes, aerobik, body languange (BL) dan yoga. Mungkin, sebagaian sudah mengetahui apa itu yoga. Karena, yoga bukanlah hal yang baru di Indonesia.

"Yoga merupakan salah satu olahraga selain fitnes dan aerobik. Karena yoga merupakan seni latihan fisik, pernafasan dengan mengkombinasikan pengendalian pikiran," papar Grace, Instruktur Yoga dan Aerobik dan sekaligus pemilik Yoga dan Aerobik Ibu Grace yang terletak di Center Point.

Masih katanya, yoga merupakan salah stu cara hidup yang mengintegrasikan sistem pendidikan untuk tubuh, pikiran dan jiwa yang terdalam.

Sekarang ini teknik yoga berbagai macam dan bisa digunakan berbagai kalangan mulai bayi hingga dewasa. Namun, masing-masing kalangan berbeda gerakan. Namun dengan tujuan yang sama.

Sebelum melakukan yoga, pikiran harus tenang dan kondisi fisik harus sehat. Karena, memang diperlukan sebelum melakukan gerak-gerakan. Sebab, saat melakukan yoga dituntut untuk berkonsentrasi penuh.

Bahkan, sebagian masyarakat menganggap yoga merupakan salah satu dari trend yang berkembang. Karena memusatkan pikiran untuk berkonsentrasi dan membuat seorang menjadi sabar. Dikarenakan gerak-gerakannya yang lambat, namun bermanfaat bagi kesehatan.
"Banyak manfaat yoga yang bisa didapat, untuk mencegah penyakit seperti jantung,
deabetes, ginjal dan juga untuk melatih kesabaran," terangnya.

Selain itu, latihan yoga untuk melatih pernafasan. Saat melakukan yoga dibutuhkanruang dan tempat yang tenang, agar bisa berkonsentrasi. Musik-musik yang diputarpun, musik yang berirama lembut atau klasik.

"Sebelum melakukan yoga, seseorang harus tenang dan menarik nafas dalam-dalam dan tahan. Bagi pemula yang belum mengetahui dasar-dasar yoga harus belajar gerakan dasar," kata wanita asal Manado itu.

Masih katanya, gerakan dasar harus dikuasai dulu dan biasanya membutuhkan waktu tiga bulan. Karena yoga tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru.

Sebelum memasuki tahapan berikutnya, harus sudah menguasai teknik dasar dan teknik pernafasan. Karena yoga untuk melatih pernafasan, mengurangi ketegangan tubuh dan jiwa, menghilangkan rasa lelah pada leher dan punggung.

"Sebelum melakukan yoga harus berdoa, begitu juga sesudah selesai berlatih. Kita harus mengucapkan syukur, sehingga pikiran akan kembali segar," pungkasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Hidup Sehat dengan Yoga
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Hidup Sehat dengan Yoga Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

Gadged said...

terimakasih tipsnya mbak,sangat berguna sekali

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis