Wawako Pun Punya Blog

Kebutuhan akan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi. Informasi semakin cepat di akses hanya dalam hitungan detik. Internet merupakan bagian dari perkembangan teknologi. Sehingga tidak heran banyak orang yang mengakses internet. Apalagi mengakses internet bisa dilakukan dimana saja.

Tidak heran, perkembangan teknologi satu ini banyak digunakan sebagai wadah penyimpanan data hingga pertukaran informasi. Hal itulah yang dilakukan Ria Saptarika, Wakil Wali Kota Batam. Pria yang memiliki empat anak itu mengaku mengenal blog sebelum menjadi wawako kota Batam. ''Saya sudah mengenal membuat blog sejak 1999. Pertama kali saya membuat web menggunakan layanan geocities, hingga sekarang blog saya masih aktif,'' ujar Ria.

Blog atau web pria berbintang Virgo itu berdomain www.riasaptarika.com, www.riasaptarika.web.id, http://riasaptarika.tripod.com dan http://riasaptarika.wordpress.com. Kebanyakan isi dari keempat blog yang sudah aktif di tahun 2005 dan 2006 itu kebanyakan berisi tentang kliping koran lokal, nasional dan Internasional hingga kegiatan seputar dirinya.

''Untuk blog domain sendiri, saya buat semenjak saya menjabat di Pemerintah Kota Batam. Web ini diluar dari web resmi pemko Batam. Karena isinya seputar kliping koran yang berhubungan dengan saya dan seputar kegiatan saya yang sedang berlangsung,'' ungkap pria kelahiran Tembilahan itu.

Diakuinya, saat ini postingan yang ada di web maupun blognya di bantu oleh staffnya. Karena dirinya tidak sempat mengisi sendiri, dikarenakan kesibukannya. Namun, bukan berarti ia tidak pernah memposting artikel di blog atau pun webnya sendiri.

''Bila ada waktu luang. Misalnya saat saya sedang di bandara menunggu pesawat, biasanya saya memposting artikel sendiri,'' katanya. Selain mengenal blog atau pun web, anak dari Masfar Saleh itu pun merupakan perintis milis keadilan Batam. Hingga sekarang milis keadilan Batam itu masih eksis, hanya saja yang mengelola milis tersebut sudah bukan dia lagi, tetapi kawan yang dipercayakan untuk mengurus milis tersebut.

''Saya mulai membuat milis keadilan batam tahun 1997, sampai saat ini masih aktif dan kawan saya yang sekarang menjadi mediatornya dan saya tetap sebagai pemilik milis keadilan Batam,'' ujarnya sambil tersenyum.

Website domain yang dibuat melalui program wordpress itu banyak di respon masyarakat. Banyak komentar-komentar yang diberikan mengenai artikel yang sedang di posting. Tidak jarang komentar yang diberikan pengunjung kritikan maupun keluhan dari masyarakat. ''Kritikan dari pengunjung gak bisa dibedakan antara website remsi dan pribadi. Karena saya ingin tampil seutuhnya individu dan pejabat,'' ujarnya mengakhiri.

Sekedar diketahui website orang nomor dua di Batam dengan domain www.riasaptarika.web.id masuk dalam urutan ke 16 menurut hasil Warta eGov dalam katagori website atau weblog pejabat pemerintah.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Wawako Pun Punya Blog
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Wawako Pun Punya Blog Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

Anonymous said...

Hi Mbak Citra, Thanks atas wawancara dan tulisannya.
BTW: Blognya cantik lho!

Citra Pandiangan said...

Makasih juga pak Ria mau meluangkan waktunya untuk di wawancarai...

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis