Mulai Bisnis Berawal Dari Hobi

Menjadi seorang wanita pebisnis tidak perlu harus berlatar belakang pendidikan di bidang bisnis. Karena memulai karir menjadi pebisnis bisa di mulai dari hobi sendiri. Hal itulah yang sekarang dilakukan ibu tiga anak itu.Adelima Maharinda, pemilik counter Adelima Martapura di Mega Mall. ''Saya mulai bisnis ini, karena berdasarkan hobi dan berawal dari orangtua yang hobi mengumpulkan permata,'' paparnya.

Bisnis jual permata sudah ditekuni wanita asal Kalimantan itu sejak tahun 1995. Mulanya, ia menekuni bisnis jual batu permata di Jakarta. Untuk memulai usaha jual batu permata, diakuinya, membutuhkan modal yang tidak sedikit. ''Bisnis batu permata ini saya mulai sewaktu berada di Jakarta dan tidak terlalu susah. Karena saya sudah mengenal beberapa distributor batu permata,'' ungkapnya. Ia menambahkan, pertama kali dirinya menjual batu permata di salah satu mal di Jakarta.

Untuk terus mengembangkan usahanya, ia pun mulai mengikuti kursus ketrampilan agar bisa membuat berbagai gelang dan kalung dari batu-batu dan juga manik-manik. ''Saya kursus, karena saya mempunyai keinginan dan kemauan untuk maju. Mulanya kios saya kecil dan untuk memperkenalkan usaha ini, saya sering mengikuti berbagai pameran yang diselenggarakan di Jakarta,'' ungkapnya.

Dari berbagai pameran yang pernah diikutinya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang dan beberapa daerah lainnya, membuat wanita berambut pendek itu pun datang ke Batam. Menurut Adelima, dirinya ke Batam karena ajakan dari Ketua Kadin Batam, Nada Soeraya.

''Saya ke Batam karena ajakan bu Nada, katanya waktu itu di sini (batam, red) belum ada yang jual Batu permata. Kebetulan, saat itu sedang mengadakan pameran UKM (usaha kecil menengah),'' tuturnya.

Karena tertarik untuk mengadakan pameran di Batam, ia pun datang ke Batam dan mengikuti pameran yang diselenggarakan Kadin Batam bersama provinsi lainnya. Bermula dari pameran itulah, ia akhirnya tertarik untuk terus menghadirkan nuansa berbeda.

''Saat ini di Batam, saya sudah mempunyai dua konter di Batam, walaupun masih kecil tetapi sudah cukup untuk memulai bisnis Adelima Martapura di sini,'' ujarnya. Meskipun sibuk mengurusi penjualan batu permata dan juga berbagai aksesoris kalung, gelang dan cincin hasil karyanya. Ia pun tidak melupakan keluarganya. Walaupun anak-anaknya berada di Jakarta dan Kalimantan, ia kerap kali mengunjungi putra-putrinya. ''Setiap bulan, saya selalu meluangkan waktu bersama keluarga. Kalau bukan anak-anak yang ke sini, saya yang ke sana,'' ungkapnya.

Suami pun, lanjut Adelima, ikut mendukung usaha bisnis yang sudah ia kembangkan sejak masih gadis. Bahkan tidak tanggung-tanggung suami membuatkan website mengenai usahanya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Mulai Bisnis Berawal Dari Hobi
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Mulai Bisnis Berawal Dari Hobi Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis