Edward: PNS harus Berikan Pelayanan Baik

Sosialisasi Indeks Kepuasan Masyarakat

Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam hal ini Bagian Organisasi, Seketariat Daerah Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi indeks kepuasaan masyarakat, Kamis kemarin di Sempurna Hotel. Peserta yang mengikuti sosilisasi tersebut merupakan pegawai negeri sipil yang bergerak pada bidang pelayanan publik atau yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Edward Mushalli, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, dalam sambutannya menuturkan, tugas terpenting dari intansi pemerintah adalah memberikan pelayanan. ''Sebagai organisasi yang melaksanakan tuga-tugas pelayanan harus memenuhi kebutuhan masyarakat, baik secara kualitas maupun kuantitas,'' urainya.

Hal itu semata-mata untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Karena hal tersebut sebagai tolak ukur dari keberhasilah pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. ''Banyak saran dan keritik yang masuk justru berkaitan dengan kondisi pelayanan publik. Diera globalisasi ini pemerintah dihadpkan untuk memenuhi tantangan dan inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan,'' jelasnya.

Menurut Edward, salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas, pemerintah harus melaksanakan reformasi birokrasi terutama dibidang pelayanan dengan melakukan analisis deskriftid dan eksploratif terhadap respon masyarakat dalam kualitas pelayanan.

Sementara itu, Mekhwanizar, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Pemko Tanjungpinang menuturkan, kegiatan ini sengaja dihadirkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dilakukan pegawai negeri sipil kepada masyarakat.

''Saat ini kami memusatkan untuk PNS di bagian Dinas Kesehatan. Karena mereka langsung berhubungan dengan masyarakat. Setelah itu, di dinas lain dan juga di tiap Kecamatan dan Kelurahan agar memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat,'' urainya usai sosialisasi.

Sosialisasi ini digelar sesuai amat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 yang salah satu poinnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. ''Kami bekerjasama dengan tim konsultan PT Uniquatro Bintan Pratama Consulting Service mencoba melakukan evaluasi kinerja dalam penyelenggaran pelayanan publik dengan melakukan survei kepuasan publik,'' ungkapnya.

Katanya, setelah mensurvei, maka tim akan menyusun indek kepuasan publik yang akan digunakan sebagai pedoman dasar memperoleh gambaran mengenai permasalahan-permasalahan yang timbul dalam pelayanan publik dan tingkat kepuasan masyarakat.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Edward: PNS harus Berikan Pelayanan Baik
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Edward: PNS harus Berikan Pelayanan Baik Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis