Menghindari Golput, KPU TPI Gelar Sosialisasi

Khusus Pemilih Pemula Dapat Pengetahuan

KPU Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi Pemilu khusus pemilih Pemilu pemula atau pelajar. Sosialisasi ini digelar dalam rangka memberikan pengetahuan pelajar mengenai Pemilu Tahun 2009. Berbagai materi dijabarkan Ketua dan Anggota KPU Kota Tanjungpinang didepan 100 peserta perwakilan SLTA yang ada di Kota Tanjungpinang.

Menurut Heri Wibawa, Anggota KPU Kota Tanjungpinang, kemarin, pihaknya memberikan pengertian Pemilu yang merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di Pusat maupun di wilayah Provinsi berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

''Kami memberikan sosialisasi kepada pelajar untuk menghindari golput (golongan putih). Sehingga pelajar perlu diberi pengetahuan dasar mengenai pemilihan umum yang akan berlangsung tahun depan,'' ujarnya.

Pelajar yang mengikuti sosialisasi yang digelar di Hotel Sempurna itu diberi masukan bagaimana pengertian Pemilu, yang mayoritas pelajar yang sudah berusia 17 tahun keatas. Karena tahun depan, pelajar tersebut sudah bisa menentukan pilihan untuk memilih calon sesuai yang diharapkan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tanjungpiang, Hamid Ali mengungkapkan tujuan dilaksanakan sosialisasi ini untuk menarik minat serta partisipasi pelajar dalam mengikuti pesta demokrasi, hingga ada kesadaran dalam menyalurkan hak
pilihnya.

''Harapan kami dengan pelaksanaan sosialisasi. Pelajar peserta sosialisasi yang merupakan perwakilan dari sekolah dapat mensosialisasikanya di lingkungan sekolahnya, khususnya kepada kawan-kawannya,'' harap Ali.

Dilokasi yang sama, Yenni, Pelajar SMK Pembangunan, Peserta Sosialisasi mengungkapkan, dirinya mendapat banyak wawasan mengenai pemilu. ''Saya sendiri masih belum mengenal sosok yang bisa dipilih, yang pastinya saya akan memilih calon yang jujur, bisa dipercaya dan dapat memperjuangkan hak-hak warga. Orang yang duduk di DPRD haruslah orang yang jujur,'' tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan M Ridwan, Pelajar SMAN II, dalam memilih calon legislatif maupun presiden harus lah orang yang dapat memperjuangkan aspirasi rakyat serta jujur.

''Sampai saat ini, saya belum pernah mengetahui sosok-sosok presiden maupun calon legislatif. Jadi, saya masih belum mempunyai gambaran, siapa yang akan saya pilih nanti saat Pemilu,'' ungkapnya.

Menurutnya, sosialisasi yang digelar KPU Kota Tanjungpinang ini sangat membantu dalam memberikan pengetahuan dasar mengenai Pemilu. Sehingga pelajar dapat mengetahui pentingnya ikut serta dalam memilih calon presiden maupun calon legislatif.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Menghindari Golput, KPU TPI Gelar Sosialisasi
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Menghindari Golput, KPU TPI Gelar Sosialisasi Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis