Tas Jemaah Haji Diperiksa

Sejak pukul 09.00 WIB, Senin (3/11) Kantor sebelah Departeman Agama Kota Tanjungpinang terlihat ramai. Sejumlah warga kota Tanjungpinang yang hendak naik haji nampak berdiri di depan gedung untuk menanti giliran tas yang akan dibawa ke Mekah diperiksa pihak Bea dan Cukai Kota Tanjungpinang.

Menurut Rosida, staff Bea dan Cukai yang melakukan pemeriksaan tas, kemarin, pihaknya melakukan pemeriksaan tas untuk menghindari beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke Mekah.

''Barang-barang yang tidak boleh ditaruh didalam tas travel berupa barang tajam, seperti pisau. Benda-benda yang cair, seperti handbody, sabun cair, parfum, kecap, yang pasti benda yang cair,'' jelasnya sambil tetap fokus memeriksa tas calon jemaah haji.

Alasan tidak boleh menaruh benda cair di dalam travel bag, takutnya benda tersebut akan tumpah ataupun rusak. Dikarenakan pada saat dibandara tas-tas tersebut akan dibanting-banting. Sehingga antisipasinya dilakukan.

Sementara itu, Tukijem (64), calon jemaah haji dari Tanjungpinang mengaku, dirinya baru kali ini naik haji. ''Kami tidak tahu barang mana saja yang boleh dan tidak boleh ditaruh di dalam koper,'' ungkapnya.

Diakuinya, dirinya tidak keberatan beberapa barang yang dibawanya tidak boleh dimasukan ke dalam koper, tetapi tas tangan yang dibawanya.

''Ini pembelajaran bagi kami, kedepannya kalau kami naik haji. Kami berharap, selama kami di Mekah dapat berjalan dengan baik. Karena sebelumnya kami mendapat pelatihan'' tandasnya.

Dilokasi yang sama, Moh Nazaruddin, Panitia Penyelenggara Haji dari Departeman Agama Kota Tanjungpinang menuturkan, jemaah haji dari Kota Tanjungpinang diberangkatkan besok (kemarin, red) ke Kota Batam.

''Sebanyak 237 calon jemaah haji ini kami berangkatkan hari ini ke Kota Batam dan mereka akan menginap disana selama semalam dan esok harinya (hari ini, red) akan diberangkatkan,'' tandasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Tas Jemaah Haji Diperiksa
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Tas Jemaah Haji Diperiksa Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

1 comments:

Saung Web said...

Memang seharusnya setiap jemaah mematuhi aturan yang telah ditetapkan. seperti tidak bolek bawa itu dan ini.. cuman suka ada pikiran .. ah mudah2an lolos..kalau di rampas ya monggo.. hehe soalnya saya juga gitu kok.

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis