Jadikan Friendly Hospital Bagi Anak

Rumah Sakit bagi sebagian anak-anak merupakan tempat yang sangat menakutkan untuk didatangi apalagi dikunjungi. Karena bayangan dokter akan menyuntik membuat anak selalu menghindari rumah sakit. Untuk mengubah image atau pandangan rumah sakit bagi anak. Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) setiap bulan mendapat kunjungan anak-anak TK yang ada di Batam.

Menurut Ir Donny Irawan, Wakil Direktur RSBK, setiap sebulan sekali, RSBK dikunjungi anak-anak dari Taman Kanak-Kanak yang ada di Batam. ''Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2005 hingga sekarang. Kunjungan anak-anak ke sini termasuk dalam program edukasi atau memperkenalkan rumah sakit supaya anak-anak tidak takut lagi untuk datang ke rumah sakit,'' paparnya.

Karena rumah sakit tidak hanya untuk tempat merawat orang sakit, tetapi juga untuk perawatan rutin, seperti pemeriksaan gigi, kesehatan dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran, sekarang ini beberapa rumah sakit dibuat dengan konsep yang nyaman bagi pasien rawat inap maupun yang rawat jalan.

''Saat kunjungan ke rumah sakit, anak-anak dibawa ke ruang dokter gigi dan juga ke mobil ambulan, untuk diperkenalkan fungsi dan manfaatnya. Semuanya dibuat dalam bentuk pembelajaran yang menyenangkan,'' tuturnya.

Apalagi sekarang rumah sakit lokal maupun luar negeri telah menerapkan sistem Friendly Hospital, sehingga program tur anak TK ini dijadikan salah satu proses memperkenalkan dan sekaligus edukasi. Selain mengajak anak-anak keliling beberapa ruangan rumah sakit, anak-anak juga diajarkan bagaimana merawat gigi agar tidak berlubang atau cepat rusak.

''Sesibuk-sibuknya rumah sakit, kami selalu memberikan kesempatan TK untuk mendapatkan pembelajaran di sini. Karena itu, bagi TK yang mau berkunjung bisa mengirimkan surat dan kami memberikan waktu luang satu kali dalam sebulan dan sudah puluhan sekolah melakukan tur ke sini,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Jadikan Friendly Hospital Bagi Anak
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Jadikan Friendly Hospital Bagi Anak Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

rafki rs said...

Kegiatan yang sangat berguna untuk anak-anak dalam mengenal rumah sakit. Nggak seperti saya dulu, kalau sudah mendengar nama rumah sakit, berusaha mencari segala cara untuk menghindarinya, karena langsung terbayang sama jarum suntik.

Website Tentang Wanita said...

Bener banget tuh mas, karena kebanyakan anak salah mengartikan rumah sakit. Padahal, RS tidak hanya untuk berobat saja, tetapi juga untuk pemeriksaan diri. Tidak hanya di kala sakit, tetapi juga sehat

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis