Pasca Lebaran, Transkasi Rp300 Juta Per Hari

Transaksi di Pegadaian meningkat. Sejak 17 Oktober hingga 23 Oktober nasabah pegadaian semakin meninggi hingga dalam waktu 6 hari saja, transaksinya mencapai Rp1,7 miliar. Meningkatnya warga Batam yang transaksinya di pegadaian paska lebaran ini diakui Manager Perum Pegadaian Cabang Batam, Syahrizal.

''Usai lebaran, jumlah nasabah pegadaian justru semakin banyak,'' papar Syahrizal. Setiap harinya, transaksi bisa mencapai Rp300 juta, padahal sebelum lebaran, transaksi di pegadaian rata-rata hanya Rp200 juta per hari. ''Umumnya, barang yang digadaikan berupa perhiasan emas,'' ungkapnya.

Harga emas di Pegadaian masih menggunakan tarif saat Lebaran, yakni Rp182.280 untuk emas 24 karat per gramnya dan Rp174.685 untuk emas 23 karat. Sedangkan emas 22 karat nilai gadainya Rp167.090. ''Tarif emas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dari harga emas di pasaran dunia,'' terangnya.

Naiknya jumlah nasabah yang transaksi di pegadaian kata Syahrizal karena beberapa faktor, seperti meningkatnya kebutuhan nasabah setelah lebaran. Selain itu juga karena Pegadaian hanya mengenakan biaya administrasi yang kecil sesuai dengan peraturan baru Pegadaian.

Kenaikan transaksi juga disebabkan adanya peraturan baru yang dikeluarkan tentang biaya administrasi di Pegadaian. Penurunan biaya administrasi khusus untuk biaya administrasi ulang. Dimana tarif lama 1 persen untuk masa perpanjangan 1 hari hingga 30 hari kini menjadi 0,2 persen. Sedangkan masa pinjaman 31 hari sampai 60 hari menjadi 0,4 persen, dan masa pinjaman 61 hari sampai 90 hari biayanya hanya 0,6 persen dan 91 hari hingga 120 hari biayanya 0,8 persen.

''Dengan adanya peraturan ini, biaya administrasi nasabah jadi semakin kecil, dibanding sebelumnya,'' tuturnya. Syahrizal menambahkan, Pegadaian mempredikisi kenaikan jumlah nasabah terus akan terjadi menjelang Natal dan Tahun Baru. Tiap tahun di Pegadaian terjadi kenaikan transaksi 12 hingga 15 persen per tahun.

''Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan nasabah, Pegadaian telah menyiapkan dana tak terbatas, untuk memenuhi kebutuhan nasabah,'' tukasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Pasca Lebaran, Transkasi Rp300 Juta Per Hari
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Pasca Lebaran, Transkasi Rp300 Juta Per Hari Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis