Memulai Usaha Kecil

Untuk membuat usaha kecil dan menengah (UKM), Ketua Kadin Batam, Nada F Soraya memberikan beberapa petunjuk. Bagi calon pengusaha home industry atau usaha kecil. ''Bagi yang ingin membuat usaha dari dasar, sebaiknya dimulai dari kesenangan pribadi atau hobi terlebih dahulu,'' papar Nada, sapaan Nada F Soraya.

Dengan memulai bisnis kecil-kecilan dari hobi, tentunya akan lebih mudah untuk memulai usaha dari dasar. Misalnya saja hobi menjahit, bisa membuka usaha jahit, hobi memasak bisa mulai menjalankan katering. ''Bila memilih usaha berdasarkan hobi, orang tidak akan merasa jenuh dan bosan menjalankan suatu usaha,'' ungkapnya.

Biasanya sesorang yang ingin menjalankan bisnis dari dasar akan cepat merasa bosan. Sebab, untuk mencapai seorang pebisnis sukses membutuhkan proses. Bila memulai usaha dari kesenangan, tidak akan cepat merasa bosan. Karena sesuai dengan bidang yang disukainya. Sehingga saat menjalankan bisnis dari dasar, tidak akan terasa melakukan pekerjaan berat.

''Sesudah mengetahui memiliki hobi apa, sebelum membuka usaha kembangkan terlebih dahulu hobi tersebut, misalnya memasak. Kembangkan lagi ilmu yang sudah dipunya,'' ujarnya. Setelah mengembangkan hobi, Nada melanjutkan, mulailah mendatangi tempat-tempat yang bisa dijadikan usaha. Faktor lokasi dan tata letak usaha, dalam bidang penjualan promosi yang terbaik adalah lokasi bisnis yang strategis akan mempermudahkan penjualan. ''Sebaiknya mencari lokasi yang sangat strategis,'' tuturnya.

Bagi calon pebisnis yang masih belum mempunyai informasi dibidang usaha kecil dan menengah bisa datang langsung ke Kadin yang berlokasi di Gedung Graha Kadin Batamcentre, atau mengakses internet untuk mencari informasi lebih jauh mengenai bisnis usaha. Ia melanjutkan, calon pebisnis bisa datang ke Kadin atau mengakses internet untuk mencari informasi lebih lanjut.

Untuk mencari informasi melalui internet sekarang ini sangat gampang. Sebab, sudah banyak situs-situs yang berhubungan dengan tips-tips bagi calon pengusaha kecil. ''Kadin selalu memberikan informasi bagi Usaha Kecil dan Menengah. Sebaiknya UKM mendaftarkan diri ke Kadin, untuk menjadi anggota tercatat, dengan membayar iuran per tahun hanya Rp25 ribu,'' terangnya.

Dengan menjadi anggota tercatat bagi usaha kecil dan menengah, seperti home industry tentunya Kadin dengan mudah bisa mengontrol perkembangan usaha yang dijalankan tersebut. Sedangkan bagi calon pebisnis yang membutuhkan modal. Nada mengatakan, sekarang ini sudah ada beberapa bank yang bisa meminjamkan modal bagi calon pebisnis home industry, dengan persyaratan yang mudah.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Memulai Usaha Kecil
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Memulai Usaha Kecil Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis