BPOM Kepri Bakal Tinjau Kelapangan

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jakarta mengumumkan 70 kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil tes laboratorium yang dilakukan BPOM sendiri. Kosmetik tersebut merupakan produk berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan syaraf, gangguan perkembangan janin serta penyakit kanker.

Menyingkapi hasil tes laboratorium terhadap 70 kosmetik yang terbagi dalam empat kategori, yaitu kosmetik rias mata dan rias wajah, kosmetik pewarna rambut, kosmetik perawatan kulit, dan kosmetik mandi. Kepala Badan POM Kepri, I Gede Nyoman Suwandi, Jumat (12/6) menuturkan, pihaknya akan segera mengirimkan surat himbauan disejumlah swalayan dan toko kosmetik untuk menarik produk tersebut dari peredaran.

''Bila masih ditemukan diperdaran saat kita sedang melakukan pengawasan rutin, produk tersebut akan ditarik dari toko untuk dimusnahkan,'' ungkapnya.

Produk yang dilarang peredarannya karena mengandung bahan berbahaya untuk jenis kosmetik rias wajah dan rias mata yakni Cassandra Superior Quality Lipstick No 1-10, Cassandra Superior Lip Gloss No 1-12, GLD Garland Lipstick No 9, Marie Anne Beauty Shadow No 4, 5, 6, 8, Marie Anne Blush On No 3, Sutsyu Eye Shadow Blusher 01, Sutsyu 18 Colors Eye Shadow 01, Sutsyu Lipstick Colors Fix No. 1, 3, 4, 6, Sutsyu Lipstick Colors Fix No 5, Olay 4 in 1 Complete Make Up,Pond's Detox Complete Beauty Care Make Up Kit, Pond's Detox Eye Shadow Blusher Lip Gloss, Creme Powder No. 1-2, Pond's Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake, Pond's Detox Complete Beauty Care

Sedangkan untuk kosmetik pewarna rambut antara lain Casandra Hair Dye Pink C-14, Salsa Hair Colorant Pink Colors (S- 018, Casandra 3D Profesional Hair Colors Cream Hair Dye Grape Red C-11. Sementara untuk kosmetik perawatan kulit yakni Caronne Beauty Day Cream, Caronne Whitening Cream (Day Care), CR Racikan Ling Zhi Day.Cream, CR UV Whitening Night Cream, Dr. Fredi Setyawan Extra Whitening Cream, dan sebagainya.

''Hari ini juga kita sedang melakukan peninjauan pengawasan disejumlah swalayan, sedangkan untuk di Batam masih belum dijadwalkan dan dalam waktu dekat akan segera dilakukan peninjauan langsung,'' ungkapnya.

Sementara barang-barang yang sudah diamankan BPOM di daerah Kepri akan segera dikirim ke Batam untuk dilakukan pemusnahaan. ''Kita sedang menyewa kargo untuk mengangkut makanan dan kosmetik yang tidak sesuai prosedur dan berbahaya untuk dikonsumsi untuk segera dimusnahkan,'' pungkasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : BPOM Kepri Bakal Tinjau Kelapangan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: BPOM Kepri Bakal Tinjau Kelapangan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis