Siswa SLTA Tak Lulus Ujian Ikut Paket C

Dilaksanakan Empat Hari

Mulai Selasa (23/6) hingga Jumat (26/6) pelaksanaan ujian nasional setara SMA atau Paket C digelar secara serempak selama empat hari. Ujian paket C tahun ini banyak diikuti peserta yang tidak lulus tahun ini dan tahun kemarin.

''Jumlah peserta yang mengikuti ujian paket C sebanyak 4.136 siswa, tahun ini yang tidak lulus UN mengikuti ujian yang mulai dilaksanakan hari ini (kemarin, red). 1.932 siswa dan ditambah siswa tahun lalu yang tidak lulus sebanyak 816 siswa,'' ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Olahraga dan Pemuda, Arifin Nasir, kemarin.

Diakui Arifin, tahun ini siswa yang tidak lulus 99,90 persen yang mengikuti ujian nasional yang diselenggarkan saat ini.

''Hasilnya baru bisa diketahui bulan depan dan kita harap mereka bisa menyelesaikan ujian nasional yang sudah diikuti saat ini. Kalau pun mereka gagal, mereka masih berkesempatan untuk mengikuti satu kali lagi di bulan November mendatang,'' tutur Arifin yang ditemui usai menghadiri sidang sebagai saksi atas kasus korupsi MAN Bintan Timur.

Mata pelajaran dalam ujian nasional setara SMA atau paket C sama seperti mata pelajaran yang sudah diterima pelajar semasa sekolah di sekolah formal. Hanya saja, soalnya lebih sulit dibanding sekolah formal. Namun, bagi yang tidak lulus pada ujian paket C yang diselenggarakan selama empat hari, masih bisa mengikuti ujian yang dilaksanakan bulan November mendatang.

''Bagi mereka yang tida lulus pada paket C dan mau mengulang pada bulan November dan tidak lulus juga, tidak bisa masuk ke sekolah formal, melainkan ke sekolah sanggar belajar,'' terangnya.

Untuk pelaksanaan ujian paket C di Kota Tanjungpinang dilaksanakan di SMKN 2 Tanjungpinang, sedangkan di Bintan di tempatkan di dua sekolah yakni SMAN 1 dan SMAN 5 Bintan.

Arifin menuturkan, siswa yang mengikuti ujian Paket C ini tidak perlu kuatir tidak diterima di universitas, karena universitas menerima baik swasta maupun negeri.

''Hanya saja, mereka terhambat karena sertifikat kelulusan paket C baru bisa keluar bulan depan, sedangkan tahun ajaran baru dilaksanaka bulan Juli,'' ungkapnya.

Sementara itu untuk paket B atau setara SMP akan dilaksanakan 1 Juli 2009 mendatang. ''Kita juga mendaftarkan siswa yang tidak lulus dan mereka juga berhak mengulang atau mau mengikuti paket C. Itu semua terpulang dari siswa sendiri,'' tuturnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Siswa SLTA Tak Lulus Ujian Ikut Paket C
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Siswa SLTA Tak Lulus Ujian Ikut Paket C Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis