Pengumuman Paket C Bulan Agustus

Arifin : Tidak Ada Masalah dalam Pendaftaran Univeritas

Sebanyak 4.136 siswa yang mengikuti ujian paket C yang dilaksanakan empat hari hingga Jumat (26/6) di setiap kabupaten dan kota terhadap siswa kelas tiga SLTA yang tidak lulus ujian nasional.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Arifin Nasir, kemarin, hari ini (kemarin, red) terakhir siswa kelas tiga yang mengikuti ujian paket C dan kita tunggu saja hasilnya.

''Untuk mengetahui hasil kelulusan UN paket C ya membutuhkan waktu seperti biasa dan untuk ijasahnya di bulan Agustus baru keluar,'' ujar Arifin.

Keluarnya ijasah paket C di bulan Agustus tentunya pelajar yang menggunakan paket C tidak bisa mendaftarkan kuliah ke universitas karena terhambat ijasah yang masih belum diterima. Diakui Arifin, untuk kuliah di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta tidak ada masalah, karena masih ada gelombang-gelombang tertentu.

''Sedangkan untuk perguruan tinggi favorit, tentu saja mereka tidak dapat mendaftar karena pendaftarannya sudah tertutup dan jumlahnya sudah penuh, tetapi ijasah paket C ini tidak ada masalah jika memang mau melanjutkan ke universitas yang masih membuka pendaftaran mahasiswa baru,'' urainya.

Bagi pelajar yang tida lulus pada paket C dan bisa kembali mengulang pada bulan November ditahun yang sama. Hanya saja, pelajar tersebut jika tidak lulus juga pada kesempatan kedua sudah tidak bisa mendaftar di kelas formal. Namun, mereka tetap bisa mendapatkan ijasah setara SMA atau paket C dengan masuk ke dalam sanggar belajar yang tersedia di setiap Kabupaten dan Kota.

''Hanya saja, mereka terhambat karena sertifikat kelulusan paket C baru bisa keluar bulan depan, sedangkan tahun ajaran baru dilaksanaka bulan Juli,'' ungkapnya.

Sedangkan untuk paket B atau setara SMP akan dilaksanakan 1 Juli 2009 mendatang. ''Kita juga mendaftarkan siswa yang tidak lulus dan mereka juga berhak mengulang atau mau mengikuti paket C. Itu semua terpulang dari siswa sendiri,'' tuturnya.

Diakui Arifin, pelajar yang mengikuti paket B ini tetap bisa sekolah di SMA sampai ijasah paket C keluar.

''Jika mereka tidak lulus pada paket B, terpaksa mereka tidak bisa melanjutkan belajar di bangku SMA tetapi mengulang di kelas tiga atau tetap mengikuti sistem belajar paket B di sekolah sanggar atau tetap di sekolah mereka sebelumnya,'' ungkapnya.

Arifin menegaskan tidak ada masalah dalam pendaftaran sekolah ke tingkat SMA dari paket B. Bahkan sebelum mendapatkan ijasah paket B, mereka juga bisa mengikuti pelajaran di bangku kelas satu hingga menunggu hasil dan ijasahnya keluar.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Pengumuman Paket C Bulan Agustus
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Pengumuman Paket C Bulan Agustus Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis