Buka Usaha, Butuh Keterampilan

Tidak perlu takut membuka usaha bagi yang mempunyai keterampilan dan keahlian. Itu
yang diungkapkan Meike, pemilik usaha Star Beauty and Nail saat berbincang-bincang dengan Hal-Wanita.
''Pada dasarnya untuk membuka usaha harus mempunyai kehalian dan minat buka usaha. Karena tanpa keahlian dan minat tentunya usaha yang akan dirintis tidak akan bisa berjalan dan berkembang,'' papar Meike.

Bila sudah mempunyai keahilan, tentunya lebih mudah menjalankan usaha. Karena usaha yang akan dirintis sudah jelas. Dan sudah ada minat dan keseriusan dalam menjalankan usaha tersebut. Wanita yang sudah memiliki dua orang anak ini, memang sengaja memilih membuka usaha dibidang kecantikan. ''Bidang kecantikan ini memang hobi ku sejak dulu, karena itu saya memilih membuka Star Beauty and Nail,'' ujarnya.

Memiliki minat, keahlian, tentunya juga harus memiliki modal utama untuk membuka usaha. Untuk modal, Meike menuturkan, bisa minta support dari keluarga maupun kawan-kawan terdekat. ''Bila tidak memiliki modal yang banyak, kita bisa minta support kawan-kawan dengan join patner. Kebetulan, kalo saya sendiri modal dari suami. Karena suami saya mendukung,'' terangnya.

Setelah memiliki tiga poin utama, calon pelaku bisnis tidak boleh gegabah dalam memilih lokasi untuk dijadikan tempat memulai usaha. Lokasi yang strategis, merupakan salah satu kunci sukses untuk merintis usaha yang dimulai dari nol atau dasar. ''Sebelum saya memilih lokasi, saya melakukan survai tempat dan juga harga di beberapa tempat. Tidak hanya survai harga, tetapi juga mencoba treatmen yang ada disana,'' ungkapnya.

Untuk usaha bisnis kecantikan, Meike sengaja memilih lokasi di mall di Batamcentre. Alasan wanita murah senyum itu, dengan membuka usaha di mal, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar seperti membuka usaha di ruko (rumah toko) dan siapa saja bisa melakukan treatmen disana.

Diakui Meike, awalnya sempat mengalami kesulitan dalam merintis usahanya tersebut. Apalagi di Batam yang bisa terbilang belum termasuk kota besar, seperti di Jakarta. karena letak geografisnya di kepulauan.
''Masih banyak orang yang masih belum mengenal menicure-pedicure khususnya art. Inilah perjuangan berat yang harus saya lalukan untuk memperkenalkan meni pedi khususnya dengan model art,'' tuturnya.

Namun, dengan berjalannya waktu. Sudah mulai banyak orang yang sudah mengetahui arti pentingnya perawatan kuku kaki dan tangan. Tidak hanya itu saja, usaha serupa pun sudah banyak dijumpai. Untuk tetap bisa eksis dan usahanya berkembang. Meike menuturkan, pelayanan merupakan nomor satu dan juga desain art harus selalu berkembang dan mengikuti tren.

''Yang pertama tingkatkan servis agar selalu bagus dan ikutin tren. Sehingga usaha tetap bisa berjalan. Dan yang terpenting, jangan membohongi konsumen,'' pungkasnya.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Buka Usaha, Butuh Keterampilan
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Buka Usaha, Butuh Keterampilan Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis