Tubuh Sehat = Kulit Mulus Part I

Kulit mulus mencerminkan tubuh sehat, begitu juga sebaliknya. Mungkin hal ini sudah pernah kamu ketahui atau mungkin juga masih belum tahu. Refleksi pola hidup seseorang pastinya terdiri dari pola makan, pola aktivitas hingga pola berpikir.

Contoh yang bisa di jumpai di sekiling kita mengenai pola hidup yang tidak sehat, seperti terbiasa dengan minum-minuman keras hingga merokok. Orang yang terbiasa dengan pola kehidupan seperti itu bisa terlihat atau tercermin pada kulitnya. Kulitnya akan terlihat kering bahkan keriput.

Nah, bagi yang bekerja ekstra hingga menyebabkan stersh ini termasuk dalam pola berpikir. Memang tidak ada manusia yang tidak mengalami tingkat stres yang tinggi. Coba kamu bandingkan saat diri mu mengalami puncak stres saat mendekati deadline tetapi pekerjaan masih belum terselesaikan. Kulit akan tampak kusam atau pun tidak bercahaya.

Tidak ada kulit mulus hanya menggunakan produk pemutih seperti yang ditawarkan dari berbagai perusahaan cosmetik. Walaupun bisa, tentunya membutuhkan jangka waktu yang panjang dan hasilnya belum tentu maksimal seperti yang kamu inginkan.

Bila ingin memiliki kulit mulus, sebelumnya harus diawali dengan memiliki tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat, kulit akan terlihat lebih bercahaya dan mulus. Tentunya memiliki tubuh yang sehat, tidak gampang. Sebelumnya kamu harus mengatur pola makan terlebih dahulu.

Pola makan sehat ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan, dan bila di rumuskan seperti jadinya piramida. Namun yang satu ini namanya pola makan piramida atau bisa disebut sebagai piramida makanan, yang dibagi menjadi 7 bagian, yakni lapisan terbawah, yang merupakan bagian terluas yang menggambarkan jenis makanan yang harus paling banyak dikonsumsi. Semakin ke atas berarti kebutuhan porsi jenis makanan yang dimaksud makin kecil, yaitu makanan-makanan yang jarang atau kadang-kadang saja perlu dikonsumsi.

Kelompok sumber karbohidrat kompleks, seperti beras, beras merah, jagung, sereal, roti gandum, dan sejenisnya, merupakan sumber vitamin dan mineral alamiah. Kandungan seratnya yang juga tinggi berguna untuk menstabilkan gula darah dan membuat rasa kenyang lebih lama. Lalu, juga ada kelompok buah dan sayur yang memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral serta zat antioksidan yang tinggi. Seperti diketahui zat antioksidan merupakan zat yang bisa menangkal kanker sekaligus mencegah penuaan dini. Kemudian serat dalam buah dan sayur dapat menyehatkan saluran cerna dan memperlancar buang air besar. Agar manfaat yang didapat optimal, buah dan sayur mesti divariasikan setiap hari dan dikonsumsi 3 hingga 5 kali per hari.

Jangan melupakan kelompok sumber protein nabati termasuk sumber lemak tak jenuh (tidak meningkatkan kadar kolesterol). Sumber lemak tak jenuh bisa di dapat dari biji-bijian dan kacang-kacangan, misalnya saja buncis, kacang panjang, dan sejenisnya. Makanan ini baik dikonsumsi 2 hingga 3 kali per hari. Selain sumber protein nabati, protein hewani juga penting, kelompok sumber protein hewani seperti telur, ikan, ayam, merupakan sumber vitamin, mineral dan asam lemak esensial serta mengandung kolesterol yang masih relatif aman namun miskin serat. Dikonsumsi 0 hingga 2 kali per hari.

Setelah itu, kelompok susu dan produknya merupakan sumber kalsium, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Tidak mengandung serat. Dikonsumsi 0 sampai 2 kali setiap hari. Selain itu juga ada kelompok daging merah merupakan sumber protein hewani, sumber lemak jenuh, vitamin dan mineral. Tidak mengandung serat. Termasuk faktor pencetus beberapa penyakit seperti hipertensi, jantung koroner, kolesterol tinggi, kanker, dan obesitas. Sebaiknya jangan terlalu sering dan terlalu banyak dikonsumsi, seminggu sekali saja, misalnya.

Lalu ada kelompok tepung-tepungan tergolong sumber karbohidrat sederhana, mudah meningkatkan gula darah, kandungan serat rendah sehingga lebih cepat menimbulkan rasa lapar serta dapat menimbulkan gangguan saluran cerna dan buang air besar. Oleh karena itu dianjurkan sebaiknya dikonsumsi sekali-sekali saja. (Berbagai Sumber)

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Tubuh Sehat = Kulit Mulus Part I
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Tubuh Sehat = Kulit Mulus Part I Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

0 comments:

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis