Tanaman Anthurium Diminati

Awalnya, bunga Anthurium kurang menjadi perhatian bagi para pecinta bunga di Indonesia, tapi belakangan ini, bunga dengan dua jenis, Daun dan bunga ini benar-benar menjadi buruan. Tidak hanya itu, tanaman jenis ini kemudian menjadi lahan bisnis yang menggiurkan, tidak terkecuali di Batam.

Meski harus mendatangkan tanaman ini dari luar Batam, seperti dari Jawa dan Medan, namun Anthurium di Batam belum termasuk dalam barang yang dijual dengan harga yang terlalu tinggi. Seperti pengakuan Iskak, dari Classic Indah, yang berada di Batuaji.

''Anthurium yang tersedia di tempat saya masih harga golongan menengah,'' ungkap Iskak. Untuk Anthurium yang kecil dan masih bibit, dijual seharga Rp30 ribu. Dan harga semakin tinggi jika tanaman semakin sehat dan subur. Pria ini juga menyediakan Anthurium yang dijual seharga RP5 juta.

''Saat ini untuk tumbuhan athurium dengan jenis daun hanya tersedia beberapa jenis saja, seperti anthurium gelombang cinta dan keris, berbentuk daun sawi,'' jelas pria bertubuh jangkung itu.

Disamping Anthurium jenis daun yang harganya memang cukup tinggi, jenis anthurium yang bisa dipilih adalah yang jenis bunga, dan harganya memang lebih murah. Harga yang ditawarkan mulai Rp25 ribu hingga ratusan ribu.
Peminatnya datang dari berbagai kalangan, bahkan penghobi tanaman juga berburu tanaman tersebut.

''Peminat tanaman antherium di Batam termasuk sangat bagus, karena mulai dari kelas menengah hingga kelas menengah atas. Biasanya untuk masyarakat kelas menengah membeli antherium yang masih bibit atau kecil. Sedangkan masyarakat menengah atas membeli antherium karena bentuk dan ukurannya yang sudah jadi,'' terangnya.

Untuk perawatan tanaman antherium ini, Iskak menuturkan, sangat mudah. Apalagi untuk jenis athurium daun. Karena hanya perlu merawat daunnya saja. Sedangkan untuk athurium bunga harus merawat bunga dan daunya.

''Sebaiknya tanaman anthurium jangan diletakan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena daunnya bisa berubah menjadi kuning,'' tuturnya.

Selain itu tanaman athurium ini jarang didatangi hama. Karena tanaman ini relatif lebih kuat dan daunnya juga lebih tebal. ''Musuh tanaman anthurium ini ulat berwarna hijau. Karena jenis ulat ini pemakan daun. Untuk menghadapi hama ini caranya sangat mudah, tinggal dibuang saja ulatnya,'' ungkapnya.

Bagi pemilik tanaman anthurium yang ingin keindahan daunnya lebih menonjol, Iskak menuturkan, sebaiknya daunnya digosok atau dibersihkan. "Cara membersihkan daunnya, bisa menggunakan sponge atau spray khusus hingga mengilap dan segar. Asal jangan terlalu sering. Karena lapisan tersebut bisa membuat daun jadi keras," saran Iskak.

Terimakasih Anda Telah Berkunjung ke Blog Dunia Wanita Masa Kini
Judul : Tanaman Anthurium Diminati
Ditulis Oleh : Citra Pandiangan
Anda tertarik dengan artikel kami: Tanaman Anthurium Diminati Silahkan minta pada kami. Selamat membaca, membaca membuka wawasan kita. Happy Blog Walking My Friends

2 comments:

Anonymous said...

minta alamatnya dooongg...penting niy
email gue di orrie_jill@yahoo.com

Citra Pandiangan said...

Maaf, tidak bisa membantu. Karena alamatnya ilang

Woman World | Dunia Wanita Masa Kini | Sehat dan Harmonis